Home > Religius > Al-Qur’an Menjelaskan Segalanya dan Mengajak Berpikir

Al-Qur’an Menjelaskan Segalanya dan Mengajak Berpikir

Allah –Subhanahu Wa Ta’ala berfirman: “(Al-Qur’an) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengannya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.”
(Surat 14 Ibrahim (Nabi Ibrahim –Alahis Salam Ayat 52)

Al-Qur’an Mengajak Berpikir

Allah –Subhanahu Wa Ta’ala berfirman: “Dan Kami turunkan kepadamu Al-Qur’an, agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan.”
(Surat 16 An-Nahl (Lebah) Ayat 44)

Kandungan Dua Ayat:

– Kedua Ayat ini adalah seruan untuk seluruh manusia tanpa pandang agama, suku, ras, warna kulit dan bangsa.
– Allah mewajibkan atas tiap-tiap orang beriman pada umumnya dan para ulama pada khususnya sebagai pewaris para nabi agar menyampaikan dan mengajarkan Kalam Allah ( Al-Qur’an ) kepada manusia di sekitarnya.
– Mengajarkan Al-Qur’an adalah mencakup lafadh / hurufnya yaitu mengajarkan bacaan Al-Qur’an dan maknanya yaitu mengajarkan isi dan kandungannya.
– Al-Qur’an adalah penjelasan dan bekal untuk sampai kepada derajat yang tinggi dan tingkatan yang mulia.
– Yang demikian ini dikarenakan Al-Qur’an mencakup semua ilmu dan segala kebutuhan mendasar yang sangat diperlukan oleh setiap manusia dan bahkan juga jin dalam urusan dunia, agama dan akhirat, yang lahir (tampak) dan yang batin (tidak tampak).
– Al-Qur’an adalah juga peringatan yang mengingatkan kita akan dampak buruk semua perbuatan jahat dan bahwa Allah menyediakan untuk mereka balasan yang setimpal.
– Al-Qur’an juga berisi dalil-dalil, bukti-bukti dan keterangan-keterangan tentang keEsaan Allah yang menjadikan seseorang memperoleh keyakinan yang benar bahwa Allah adalah Tuhan yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya dalam Uluhiyah dan RububiyahNya.
– Al-Qur’an adalah pelajaran bagi orang-orang yang berakal sehat yaitu orang-orang yang mengerjakan perbuatan baik dan bermanfaat serta meninggalkan perbuatan buruk dan bermadharat.
– Orang yang berakal sehat adalah orang yang bertambah ilmu dan pengetahuannya dengan Al-Qur’an sehingga bercahaya pemikiran-pemikiran mereka olehnya.
– Yang demikian ini dikarenakan Al-Qur’an tidak menyeru kecuali kepada akhlak dan perbuatan terpuji serta budi pekerti mulia dan utama.
– Orang yang memikirkan adalah orang yang selalu berusaha sesuai kemampuannya untuk mengeluarkan perbendaharaan-perbendaharaan dan ilmu-ilmu Al-Qur’an yang sangat berharga dan tidak ada batasnya asalkan tidak menyimpang dari kaidah-kaidah penafsiran yang telah di tetapkan oleh para ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah.
– Inilah Al-Qur’an, apabila seorang hamba mengikuti ajaran dan ajakannya maka ia pasti selalu mengalami peningkatan dan kemajuan untuk mendapatkan semua yang baik dan terpuji.
– Sungguh beruntunglah orang-orang yang memahami Kalam Allah ( Al-Qur’an ), mereka adalah orang-orang yang mendapatkan nasib baik di dunia dan akhirat, sebaliknya sungguh sangat rugi orang-orang yang tidak mengerti dan tidak mau memahaminya, mereka adalah orang-orang yang bernasib buruk dan sengsara di dunia dan akhirat.

Categories: Religius
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: