Home > Pendidikan > Waktu belajar yang baik adalah sesuai sikon dan toleransi

Waktu belajar yang baik adalah sesuai sikon dan toleransi

Tiap orang pasti punya cara yang berbeda-beda buat belajar. Ada yang sukanya cuma belajar kalau di sekolah saja, ada juga yang di sekolah atau di kampus nggak perhatikan guru atau dosen mengajar, jadi ya terpaksa pas di rumah belajar mati-matian.

Situasi dan kondisi lingkungan sekitar kita juga turut menentukan waktu belajar yang tepat. Kalau rumah kita dekat dengan pabrik yang berisik di siang hari ya berarti yang bagus belajarnya ya malem-malem pas lagi sepi, tapi kalau rumah dekat tempat hiburan malam ya terpaksa belajar pagi atau sore di luar jam sekolah atau kuliah.

Yang paling bagus belajar itu menyesuaikan dengan mood dan toleransi tubuh kita. Kalau kita jam 8 malam udah terasa mengantuk berat ya sebaiknya belajar sore atau selepas maghrib. Kalau mood lagi nggak asyik ya sebaiknya jangan memaksakan untuk belajar karena belajarnya bisa sia-sia. Tai jangan jadikan mud yang jelek sebagai alasan buat tidak blajar.

Belajar juga nggak harus di rumah sendirian tetapi bisa ikut bimbingan belajar alias bimbel atau belajar kelompok sama teman-teman yang belajarnya getol dan serius abis. Hindari belajar bersama teman yang cuma becanda saja kerjaannya karena belajar jadi percuma. Belajar juga harus dibatasi waktunya, karena kita juga butuh hiburan. Usahakan istirahat belajar setelah satu atau dua jam untuk sekedar cari angin, makan cemilan, main gitar, nonton film kartun, ngobrol dengan teman atau keluarga, dsb.

Jadi waktu belajar memang tidak bisa ditentukan sama untuk semua orang karena banyak sekali faktor yang menentukan. Tetapi pada intinya jangan memporsir balajar sambil begadang karena hasilnya tidak akan maksimal dan cenderung memperlemah pertahanan tubuh kita sehingga akan mudah terserang berbagai penyakit.

Categories: Pendidikan
  1. August 14, 2008 at 7:25 am

    assalaamu’alaikum wr. wb.

    senang menemukan blog ini, semoga barokah menyertai kita semua, amien…19x. Sepakat sekali idenya…

    wassalaamu’alaikum wr. wb.

  2. ANJAR
    September 13, 2008 at 11:27 am

    Aku seneng banget baca nya. ini bener2 bisa membuatku lebih baik lagi.

  3. Anjar from smanda
    September 13, 2008 at 11:51 am

    Askum bro….
    Ternyata belajar itu ada caranya ya. untung banget aku nemuin blog ini soalnya tu belajar aku tu kurang efektif. sekarang aku sudadh tahu belajar yang tu kayak mana. ternyata memang benar belajar tu sesuai dengan kemampuan kita supaya hasil memuaskan. thanx banget.. I AM SO HAPPY TO READ THAT…!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: